https://sumsel.times.co.id/
Berita

IHSG Senin Menunggu Sentimen di Awal Minggu

Senin, 09 September 2024 - 08:00
IHSG Senin Menunggu Sentimen di Awal Minggu Ilustrasi - Perdagangan Saham. (FOTO: linkedin.com)

TIMES SUMSEL, JAKARTA – Kekhawatiran akan kondisi perekonomian Amerika, telah membuat indeks Dow Jones Industrial terus melanjutkan trend turunnya. Pada hari Jumat (6/9/2024) malam, indeks ini kembali terkoreksi 219,22 poin (-0,54 persen) sehingga ditutup pada level 40.775,75.  Pada minggu lalu, trend turun pada indeks Dow Jones Industrial ini terlihat minim pengaruhnya pada pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yang terus bertahan pada trend naik jangka pendek, dengan didukung oleh saham-saham Big Caps Gorengan, terutama saham BREN.

Indeks dari bursa di kawasan Asia pagi hari ini (9/9/2024) erlihat cenderung bergerak turun, dengan indeks Nikkei running dengan koreksi sebesar 2,50 persen, sedangkan Hang Seng running dengan koreksi sebesar 1,35 persen.

Satrio Utomo, praktisi pasar modal dari Komunitas Trader Saham RencanaTrading, mengatakan bahwa  di awal minggu ini, kita kembali akan melihat apakah pergerakan IHSG masih tetap resilien (bertahan) terhadap trend turun yang sedang berlangsung pada indeks Regional dan Global.  

IHSG pada hari ini diperkirakan  bakal bergerak flat-naik pada kisaran 7.680 - 7.780.  IHSG sedang berada pada trend naik jangka pendek.  Hanya penutupan dibawah suport 7.680 yang akan mengakhiri trend naik jangka pendek yang sedang berlangsung.

Pada pergerakan minggu lalu, IHSG terlihat kuat karena nilai tukar Rupiah terhadap USD terus berangsur menguat dari 15.520 (3 Sep) menjadi 15.360 (6 Sep). Di pagi hari ini,  Rupiah sedikit melemah sebesar 0,8 persen sehingga dalam posisi 15.491 terhadap USD.  Kita lihat apakah pelemahan Rupiah ini bakal memberikan sentimen negatif pada pergerakan IHSG di pagi hari ini. (*)

Pewarta : Hendarmono Al Sidarto
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sumsel just now

Welcome to TIMES Sumsel

TIMES Sumsel is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.