https://sumsel.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Sinergia Animal Sebut Komitmen Perbankan di Dunia Minim

Jumat, 19 April 2024 - 15:12
Sinergia Animal Sebut Komitmen Perbankan di Dunia Minim Ilustrasi Bank. (FOTO: istock)

TIMES SUMSEL, JAKARTASinergia Animal sebagai organisasi non pemerintah merilis laporan yang menyebutkan kurangnya komitmen sektor Perbankan terhadap kesejahteraan hewan dan sistem pangan yang berkelanjutan.

Dalam laporan yang berjudul "Beyond Profits: Global Review of Financial Institutions in Animal Welfare and Food Systems", Sinergia Animal memberikan analisis komprehensif terhadap 80 perbankan di 22 negara, termasuk Indonesia.

Menariknya dari hasil analisis Sinergia Animal tersebut, yang menjadi temuan utama yaitu tingkat kepatuhan perbankan yang dievaluasi dalam menerapkan kebijakan untuk melakukan divestasi dari praktik kekejaman terhadap hewan dan mempromosikan alternatif pangan nabati.

Tingkat kepatuhan rata-rata di bidang-bidang tersebut hanyalah 10%, dengan lebih dari 53% perbankan mendapat skor nol atau tidak memiliki komitmen terhadap perlindungan kesejahteraan hewan atau dalam mempromosikan alternatif pangan nabati.

Kepada TIMES Indonesia, Manajer Program Animal Welfare and Finance di Sinergia Animal, Merel van der Mark mengatakan bahwa dunia sedang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Menurutnya, berbagai tantangan tengah dihadapai dunia antara lain, krisis iklim yang sedang berlangsung, risiko kesehatan masyarakat, dan meningkatnya kerawanan pangan yang memerlukan tindakan segera dari semua sektor.

“Laporan tersebut menilai kinerja bank dalam bidang-bidang tersebut menggunakan 21 kriteria, termasuk kebijakan yang melarang pendanaan praktik paling kejam terhadap hewan ternak atau aktivitas kejam lainnya seperti perdagangan satwa liar, pengujian non-medis dan medis, serta penggunaan antibiotik yang tidak bertanggung jawab. Dukungan terhadap transisi ke alternatif berbasis nabati juga diukur,” ungkap Merel van der Mark dalam keterangan persnya kepada TIMES Indonesia Jumat (19/4/2024).

Bank Dengan Sistem Pangan Berkelanjutan

Bank internasional seperti Triodos, de Volksbank, Australian Ethical, Rabobank, dan ABN Amro menjadi lima bank teratas yang dinilai memiliki praktik sistem pangan berkelanjutan dan kesejahteraan hewan terbaik.

“Laporan tersebut mengungkapkan bahwa sebagian besar lembaga keuangan masih tertinggal dalam mendukung seruan global terhadap peningkatan perlindungan hewan dan transformasi sistem pangan,” terangnya.

Ia mencontohkan, seperti yang disuarakan dalam pernyataan internasional baru-baru ini. Majelis PBB mendesak ambisi yang lebih besar untuk memperkuat kesejahteraan dan kesehatan hewan, sebagai kontributor signifikan terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Selain itu, Conference of Parties atau Konferensi Para Pihak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim ke-28 (COP28) juga mengeluarkan deklarasi untuk memprioritaskan ketahanan sistem pangan serta aksi iklim.

The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) juga telah memperbarui pedomannya untuk memasukkan ketentuan mengenai kesejahteraan hewan. Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga ikut menyerukan agar hewan menjadi lebih sehat, terdiversifikasi serta makan berbasis nabati yang lebih banyak.

“Bank mempunyai kekuatan dan tanggung jawab untuk mewujudkan masa depan di mana kesejahteraan hewan, aksi iklim, dan kesehatan manusia terintegrasi ke dalam inti praktik ekonomi,” ujarnya.

Menurutnya, laporan ini merupakan seruan bagi sektor keuangan untuk memprioritaskan keberlanjutan jangka panjang dibandingkan keuntungan jangka pendek, memprioritaskan kesejahteraan hewan, dan membangun sistem pangan yang lebih berkelanjutan.

Bank di Indonesia

Dalam laporannya, Bank di Indonesia seperti Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), ketiga bank tersebut mendapatkan skor nol (0) dalam praktik sistem pangan berkelanjutan dan kesejahteraan hewan.

Ketiga bank tersebut mendapatkan skor 0 dari 21 aspek penilaian yang terbagi atas 5 kategori besar yaitu Animal Farming & Food Production, Animal Testing, Pets, Entertainment and Fashion dan Governance.

Rincian lebih lanjut terkait dengan kinerja bank-bank lain dapat diakses melalui laman resminya Sinergia Animal di banksforanimals.org. Melalui situs tersebut publik juga dapat mengirim pesan ke berbagai institusi untuk meminta mereka melakukan perbaikan.

“Kami berharap bank-bank dalam daftar kami melihat hal ini sebagai peluang untuk melakukan perbaikan dan mendapatkan hasil yang lebih baik sambil terus mengevaluasi dan memberikan visibilitas terhadap kebijakan mereka,” tandas Merel van der Mark. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sumsel just now

Welcome to TIMES Sumsel

TIMES Sumsel is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.