https://sumsel.times.co.id/
Berita

Bawaslu RI Minta Pengawas di Daerah 'Sombong' dalam Penegakan Aturan

Minggu, 06 Oktober 2024 - 10:48
Bawaslu RI Minta Pengawas di Daerah 'Sombong' dalam Penegakan Aturan Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono memberikan arahan di beberapa distrik di Kabupaten Merauke, Sabtu (5/10/2024) (FOTO: Bawaslu RI for TIMES Indonesia)

TIMES SUMSEL, MERAUKE – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum RI (Bawaslu RI) Totok Hariyono meminta pengawas pemilihan umum (Panwaslu) distrik/kecamatan, kampung/kelurahan, dan pengawas TPS harus gagah dan berani dalam menegakan aturan. 

Hal itu ia tegaskan saat memberikan arahan di beberapa distrik di Kabupaten Merauke, Sabtu (5/10/2024). Menurutnya, pengawas pemilu boleh 'sombong' saat menegakan aturan pemilu.

"Kita sombong dalam menegakan aturan. Pengawas distrik, pengawas kampung harus tegas dan berani, sebab, yang kita kerjakan berdasarkan perintah undang-undang. Apalagi, ini kesempatan kita memberitahukan calon kepala daerah tentang aturan dan moral," tegasnya. 

Meski demikian, Totok meminta penegakan aturan dilakukan sesuai dengan kearifan lokal yang ada. Jika butuh bantuan pemangku kepentingan, katanya, pengawas ad hoc bisa saling berkoodinasi dan meminta bantuan. 

"Misalnya jika ditemukan pelanggaran alat peraga kampanye, minta bantuan ke instasi terkait. Atas nama undang-undang mohon bantuan untuk melakukan penertiban. Atau jika ada kampanye sampai larut malam bisa minta tolong kepada kepolisian setempat," jelasnya. 

Jika selama menjadi pengawas bersikap berani dan tegas, kata dia, nantinya kinerja tersebut akan menjadi cerita yang membanggakan. 

"Dulu waktu saya diamanahkan menjadi pengawas kampung atau pengawas distrik, saya berani dalam melakukan pencegahan, pengawasan,  dan penindakan," kata Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono.  (*)

Pewarta : Sholihin Nur
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Sumsel just now

Welcome to TIMES Sumsel

TIMES Sumsel is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.